Mata Diklat Produktif
0
DASAR KOMPETENSI
KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN :
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Merakit personal computer
|
1.1
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan
instalasi komponen PC
1.3 Melakukan
keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4 Mengatur
komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi
komponen sistem operasi)
1.5 Menyambung
periferal menggunakan Software
1.6 Memeriksa
hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
|
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
2.1
Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi
2.2 Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
2.3 Mengecek
hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4 Melakukan
troubleshooting
|
3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan
Lingkungan Hidup (K3LH)
|
3.1 Mendeskripsikan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2 Melaksanakan
prosedur K3
3.3 Menerapkan
konsep lingkungan hidup
3.4 Menerapkan
ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
|
B. KOMPETENSI KEJURUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerapkan
teknik elektronika analog dan digital dasar
|
1.1 Menerapkan
teori kelistrikan
1.2 Mengenal
komponen elektronika
1.3 Menggunakan
komponen elektronika
1.4 Menerapkan
konsep elektronika digital
1.5 Menerapkan
sistem bilangan digital
1.6 Menerapkan
elektronika digital untuk komputer
|
2.
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
|
2.1
Menjelaskan
struktur algoritma
2.2
Membuat
alur logika pemrograman
2.3
Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4
Membuat
diagram alir pemrograman
2.5
Menjelaskan
varian dan invariant
2.6
Menerapkan
pengelolaan array
|
3.
Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
|
3.1
Menjelaskan
prinsip array multi dimensi
3.2
Mengunakan array multi dimensi
3.3
Menggunakan
prosedur dan fungsi
3.4
Menggunakan library pemrograman grafik
|
4.
Membuat basis data
|
4.1
Mengidentifikasi
struktur hirarki basis data
4.2
Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
4.3
Menerapkan normalisasi
basis data
4.4 Membuat
database management system (DBMS)
|
5.
Menerapkan aplikasi basis data
|
5.1
Menjelaskan
jenis perintah SQL
5.2
Membuat
table basis data
5.3
Menerapkan
query pada basis data
5.4
Membuat
form basis data
5.5
Menerapkan
macro pada basis data
5.6
Membuat
report
|
6.
Memahami pemrograman visual berbasis desktop
|
6.1 Menjelaskan
IDE aplikasi bahasa pemrograman
6.2 Menjelaskan
objek aplikasi bahasa pemograman
6.3 Menjelaskan
user interface aplikasi bahasa
pemograman
6.4 Menjelaskan
tipe file
6.5 Menjalankan
aplikasi
|
7.
Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
|
7.4. Menjelaskan
menu aplikasi
7.5.
Menyiapkan
sistem komputer
7.6.
Mendemonstrasikan
aplikasi paket installer
7.7.
Menyimpan
installer aplikasi
7.8.
Menghubungkan aplikasi dengan basis data
|
8.
Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
|
8.1 Menjelaskan
fungsi periferal jaringan komputer
8.2 Mengidentifikasikan
ketersambungan jaringan
8.3 Mengoperasikan
aplikasi jaringan komputer
8.4 Melakukan
pemutusan jaringan
|
9.
Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
|
9.1 Menjelaskan
konsep pengoperasian bahasa pemrograman (SQL)
9.2 Mempersiapkan
perangkat lunak SQL
9.3 Mendeskripsikan
menu aplikasi SQL
9.4 Membuat
tabel
9.5 Mengoperasikan tabel dan
table view
|
10. Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
|
10.1 Menentukan
formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2
Membuat
prosedur dan fungsi
10.3
Menulis
kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4
Mengoperasikan
trigger
|
11.
Menerapkan
dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
|
11.1 Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2
Menjelaskan
struktur dokumen HTML
11.3
Menambahkan
objek pada web
11.4
Membuat
tabel pada web
11.5
Membuat Link
pada web
11.6
Menyimpan
dokumen
11.7
Menguji
dokumen
|
12. Membuat
halaman web dinamis tingkat dasar
|
12.1 Menjelaskan
konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2 Mempersiapkan
lingkungan teknis
12.3 Membuat
halaman web dinamis sederhana
12.4 Menambahkan
fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5
Menguji halaman web dinamis
|
13. Membuat
halaman web dinamis tingkat lanjut
|
13.1 Menjelaskan
konsep pemrograman web dinamis
13.2 Mempersiapkan
pembuatan aplikasi
13.3 Membuat
web menggunakan bahasa script
|
14. Merancang
aplikasi teks dan desktop berbasis objek
|
14.1 Menjelaskan
dasar-dasar pemrograman
14.2 Menerapkan
fungsi
14.3 Menerapkan
pointer
14.4 Menjelaskan
class
14.5
Merancang
aplikasi berorientasi objek
|
15. Menggunakan
bahasa pemrograman berorientasi objek
|
15.1
Menggunakan
tipe data control program
15.2
Membuat
class
15.3
Membuat
inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4
Membuat
interface dan paket
15.5 Mengkompilasi program
berorientasi objek
|
16. Merancang
program aplikasi web berbasis objek
|
16.1
Menjelaskan
file I/O (Input/Output), tipe data
dan variable pada java programming
16.2
Menjelaskan
exception handling
16.3
Menjelaskan
applet
16.4
Menerapkan
konektivitas basis data
|
17. Membuat
aplikasi basis data menggunakan SQL
|
17.1
Menjelaskan
kebutuhan software
17.2
Membuat
Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3
Membuat
Data Flow Diagram (DFD)
17.4
Mempersiapkan
lembar kerja Basis Data
17.5 Menggunakan
sintaks-sintaks khusus SQL
17.6
Membuat
Query Basis Data
|
18. Mengintegrasikan
basis data dengan sebuah web
|
18.1 Menjelaskan
prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2
Mempersiapkan
basis data
18.3
Membuat
login pada basis data
18.4
Membuat
koneksi basis data pada web
18.5 Menguji
konektivitas basis data pada web
|
19. Membuat
program basis data
|
19.1 Menjelaskan
konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2
Menggunakan
SQL
19.3
Menggunakan
stored procedures
19.4
Menggunakan
triggers
19.5
Menggunakan
administrasi SQL
19.6
Menjelaskan
struktur program aplikasi
19.7
Menerapkan
SQL
|
20. Membuat
aplikasi web berbasis JSP
|
20.1 Menjelaskan
kebutuhan software
20.2 Menjelaskan
dasar-dasar JSP
20.3
Membuat
aplikasi web berbasis JSP
20.4
Menyiapkan
server untuk aplikasi web berbasis JSP
20.5
Menyimpan
state (kondisi) ke dalam server dan client.
|