Cara Membuat Puisi Bertema Sekolah

1
Happy Holiday rek.. :v
Meskipun libur sekolah tapi masih tetep dikasih tugas.. SMKN 8 Malang.. :v :v
oke langsung saja tugas untuk yang membuat 10 puisi yang bertema tentang sekolah kalau gak salah, di sini saya hanya memberikan tips saja..

Menulis Puisi

 Menulis sebuah atau beberapa buah puisi tiada hal yang sulit. Bisa dibilang jika menulis puisi itu gampang-gampang susah. Untuk puisi bebas, tidak ada yang susah ketika dalam menulis sebuah puisi. Seseorang yang ingin menulis harus memenuhi syarat wajib agar tulisannya menjadi berbobot. Syarat wajib tsb adalah membaca.

Langkah sederhana nan mudah yang bisa dilakukan oleh seseorang ketika membuat puisi bertemakan sekolah adalah dengan melakukann pengamatan sekitar sekolah. Sebagai contoh kita bisa melihat sosok guru. Guru adalah seseorang yang begitu banyak sekali jasanya. Setiap hari mereka selalu siap dengan peluhnya untuk mengajarkan kepada kita tentang banyak hal. Terkadang kita sendiri sering membuat mereka marah lantaran tidak menghargai dan memperhatikan yang mereka ajarkan.

Barulah kita sadari arti hadirnya seorang guru ketika telah menjadi pandai karena mereka. Pengamatan sederhana tersebut bisa kita ubah menjadi sebuah puisi yang tentunya harus memperhatikan pemilihan kata yang baik sehingga menjadi sebuah puisi.

Berikut adalah bentuk puisi yang bisa ditulis dengan menggunakan pengamatan yang cukup sederhana tersebut.

Guru

Hadirmu tak pernah terhiraukan olehku
Adamu hanya timbulkan beban dalam hidupku
Setiap hari hanya tugas yang kau bebankan kepadaku

Kini semua berlalu
Sekarang aku harus pergi meninggalkanmu
Tak pernah kusadari akan arti dirimu
Begitu berharganya dirimu

Tanpamu aku
Aku bukanlah diriku

Agar puisi tersebut menjadi sebuah kumpulan puisi bertema sekolah maka sudah tentu puisi yang ditulis tidak hanya satu tetapi beberapa puisi yang nantinya bisa menjadi sebuah antologi puisi. Kumpulan puisi ini bisa diberikan kepada guru sebagai tanda hormat atau kenang-kenangan.

Saya rasa cukup sekian.. semoga bermanfaat.. :D

1 comment: